WE WALK TOGETHER

Indonesia adalah negara maritim dan agraris, yang saat ini setelah lebih dari  60 tahun kemerdekaannya masih menjadi negara berkembang dan terus merangkak belum berjalan untuk keluar dari yang namanya jerat kemiskinan. Untuk keluar dari lingkaran kemiskinan yang hingga saat ini masih banyak dialami penduduk Indonesia, maka dibutuhkan banyak sekali terobosan baru dan pelatihan-pelatihan untuk melatih kemandirian penduduk.Yang terpenting adalah bagaimana mengubah cara pandang dan berpikir penduduk Indonesia itu sendiri. Mengubah pemikiran mereka dari bagaimana mencari pekerjaan diganti dengan bagaimana caranya membuat lapangan pekerjaan. Pertambahan penduduk yang terjadi saat ini kurang efektif jika hanya berusaha menarik investor untuk membuka lapangan pekerjaan di Indonesia agar dapat menyerap tenaga kerja dari Indonesia. Karena jumlah penduduknya yang terlalu banyak, yang ada justru akan menimbulkan masalah baru terutama masalah lingkungan. Sebab investor asing melihat Indonesia sebagai ladang penghasil kekayaan alam. Maka habislah kekayaan alam Indonesia dikuras habis oleh pihak asing dan penduduk Indonesia tidak kaya-kaya, padahal mereka adalah pemilik kekayaan sebenarnya.

Memberikan pelatihan-pelatihan atau pun bekal kepada semua warga negara suatu keterampilan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misal, pelatihan menjahit, membuat kerajinan tangan, pelatihan menjadi wirausaha, dan masih banyak lagi. Dimana kualitas dari hasil karya anak negeri tersebut tidak kalah dengan kualitas dari barang-barang di luar negeri. Sehingga, Indonesia juga dikenal sebagai negara pengekspor barang berkualitas. Ada masalah lagi dengan orang Indonesia, mereka senang mengoleksi barang-barang buatan luar negeri padahal barang buatan dalam negeri lebih bagus. Ini juga yang harus dipikirkan, yang dari tingkat atas seperti pejabat tinggi negara memberikan contoh NYATA menggunakan produk dalam negeri bukan justru membanggakan produk negeri orang. Yang kemudian diwajibkan kepada semua instansi pemerintahan, sehingga bisa diikuti oleh semua penduduk. 

Selain itu, dibutuhkan pula pemikir dan pelaksana perencana beberapa tahun yang akan datang dan pembangunan.Semua bidang disiplin ilmu dibutuhkan, karena tidak ada disiplin ilmu yang dapat bekerja sendiri. Kerjasama antar bidang disiplin ilmu inilah yang harusnya dilakukan oleh setiap instansi atau lembaga yang ingin membangun suatu negara. Koordinasi sangatlah dibutuhkan, sehingga bisa membuat suatu kebijakan yang melihat dari berbagai sudut pandang tidak hanya terpaku pada satu sudut pandang yang biasanya bisa menyelesaikan satu masalah tetapi menimbulkan masalah baru yang tak kalah hebat. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama untuk saling bertukar pikiran antar ahli. 

Negeri ini memiliki banyak sekali orang pintar di bidangnya, tetapi sepintar apapun mereka, mereka tidak dapat bekerja sendiri menyelesaikan permasalahan Indonesia.

Comments

Popular Posts