Mengenai Saya

I'm cheerful, I don't like somebody else pushes me to do something that I don't like. somebody else who force their desire to me. come on everyone was created as unique human and different each other. Make beautiful diversity.

Jumat, 27 April 2012



Selamatkan bumi kita sekarang dengan memaksimalkan alam dan teknologi
           
            Setelah membaca artikel yang ada di voaindonesia yang berjudul “Pemanfaatan Energi Surya di Kota New York” tanggal 24 April 2012, saya jadi semakin mengerti dan memahami bahwa ternyata penemuan yang ramah lingkungan yang banyak dibicarakan di televisi tidak hanya sekadar penemuan biasa yang katakanlah hanya ditemukan tanpa dimanfaatkan untuk kehidupan orang banyak dan membuat hidup menjadi lebih baik. Artikel ini juga menyadarkan aku bahwa mereka yang sering menyuarakan untuk GO GREEN, cintai alam dan lingkungan, menggunakan semuanya yang ramah lingkungan dan sebagainya hanya akan menghabiskan energy mereka saja karena tak akan ada yang mau menggubris. Paling kalau mereka sadar itu hanya sementara waktu lalu, mereka akan kembali pada kebiasaan lama mereka , tanpa berusaha mendukung kegiatan tersebut.
sumber : bisa dilihat disini
            Tapi, hal itu berbeda di New York. Justru walikota New York sendirilah yang mendorong penduduknya, rakyatnya disana untuk lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan penemuan teknologi terbaru yaitu panel surya. Suatu teknologi yang ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk wilayah yang memang banyak mendapat sinar matahari. Panel surya ini bisa menyimpan energy yang berasal dari sinar matahari untuk kemudian diubah menjadi energy listrik. Hal in tentu perlu kita dukung mengingat keadaan bumi kita yang sudah semakin memprihatinkan. Penggunaan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi semakin bertambah setiap waktunya, hal itu di ikuti dengan semakin bertambahnya polusi di bumi yang akhirnya justru merusak bumi dan mengancam kelangsungan hidup kita sendiri, yang menjadi tuan rumah di bumi. Tentu kita tidak mau bumi yang kita cintai ini menjadi rusak parah. Oleh karena itu, kita perlu mendukung kegiatan yang disuarakan oleh walikota New York itu untuk menggunakan panel surya sebagai penangkap energy dari sinar matahari sebagai sumber energy pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Semoga walikota-walikota Indonesia juga bisa melakukan hal yang sama.
            Penggunaan energy dari sinar matahari dengan menggunakan panel surya ini memang sudah merambah di Indonesia. contoh langsung dapat kita lihat dengan adanya traffic light yang sekarang sumber energynya bukan dari PLN, akan tetapi mennggunakan energy dari sinar matahari dengan memasang panel-panel surya di atas tiang traffic light sehingga bisa mengurangi biaya untuk membayar listrik yang digunakan. Tetapi sepertinya hanya disitu saja, belum ada tanda-tanda bahwa gedung-gedung pemerintahan juga akan dipasangi panel –panel surya. Padahal kebutuhan listrik di gedung instalasi pemerintahan sangatlah banyak. Hingga tahun 2012, baru gedung DPR yang katanya habis direnovasi sekarang juga ikut memasang panel surya di atap gedung sebagai pemasok energy listrik. Kalau tidak begitu, berapa banyak biaya yang dikeluarkan hanya untuk membayar tagihan listrik. Dari lampu yang paling kecil dan tidak begitu penting sampai AC di setiap ruangan selalu keadaan ON setiap hari. (kira-kira berapa ya per bulan?)
           

Apa sih itu panel Surya?
Panel surya adalah sebuah panel yang berisikan sel- sel surya yang berfungsi untuk menangkap foton (energy cahaya). Kemudian, foton yang ditangkap ini menyebabkan terjadinya efek photovoltaic yaitu bergeraknya electron karena adanya foton sehingga terjadilah arus listrik. . Kalau dipikir-pikir kerja panel surya ini mirip daun saat si membrane tilakoid daun menangkap foton yang kemudian digunakan untuk fotosintesis (biologi banget). Juga adanya efek fotolistrik (wah fisika nyangkut juga).

          Dimana saja panel surya dipasang? 
sumber : bisa dilihat disini
 Panel surya bisa dipasang di atap rumah,gedung, dan sebagainya. Sehingga dari luar terlihat seperti rumah beratapkan kaca. Selain itu, tidak pusing memikirkan lahan baru sebagai tempat untuk panel surya. Bahkan kapal pun bisa menjadi solusi sebagai tempat untuk meletakkan panel surya. Benar-benar sederhana , tapi luar biasa manfaatnya.                          

            Kenapa harus menggunakan panel-panel surya?
Karena panel-panel surya ini akan menyerap energy dari sinar matahari selama seharian yang kemudian dismipan dan diubah menjai energy listrik. Dengan begitu, energy yang ada di panel bisa kita gunakan saat malam hari yang tidak ada sinar matahari. Apalagi di Indonesia yang banyak mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.
Kelebihan apa yang dimiliki panel surya?
Panel surya itu lebih murah biayanya, meskipun mahal diawalnya, tapi yang pentingkan baik untuk ke depannya dan lebih murah. Selain itu, juga lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Kalau tergantung sama PLN terus berarti kita semakin mendukung terjadinya global warming. Kenapa? Karena semakin kita banyak menggunakan jasa listrik dari PLN otomatis semakin banyak PLN menggunakan bahan bakar minyak sebagai penghasil listrik. Rusaklah alam kalau begitu. Seperti yang kita tahu, bahwa minyak bumi itu tidak dapat diperbaharui dan limbah yang dihasilkan dari penggunaannyapun mencemari lingkungan. Jadi, menggunakan panel surya merupakan solusi yang baik.

Sampai disini dulu postingannya. Semoga kita bisa semakin peduli dengan keadaan bumi kita.
           
           

1 komentar:

  1. Semoga Indonesia tidak lagi bergantung pada bahan bakar minyak. dan menciptakan energi terbarukan. Semoga sukses ya. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya - Indonesia mendunia lewat Gamelan dan juga yang ini - Memanusiawikan Lingkungan Sungai Ciliwung dan Sekitarnya

    BalasHapus